Tiga Hal Sebelum Beli Smartphone Murah

thetanjungpuratimes.com – Saat ini, smartphone memang menjadi salah satu kebutuhan. Selain gaya hidup, smartphone juga dapat memudahkan berbagai pekerjaan. Oleh karena itu, saat ini juga banyak merek-merek smartphone khususnya Android dengan harga yang bervariasi.

Di Indonesia, tentu tidak sedikit konsumen yang menginginkan mendapatkan smartphone dengan harga yang murah. Tentu saja, dengan harga yang lebih murah tidak menjamin apakah smartphone tersebut berkualitas atau tidak. Apalagi, saat ini banyak smartphone replika yang identik dengan aslinya dan dengan harga lebih murah.

Nah, untuk itu sebelum kalian membeli smartphone Android dengan harga murah, sebaiknya lakukan 3 hal berikut untuk menguji smartphone tersebut:

1. Cek Keaslian Smartphone

Harga yang murah tidak jarang menjadi sebuah tanda tanya. Ada berbagai merek dan jenis smartphone Android yang dijual di pasar dan tidak jarang merek-merek ini dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika berminat untuk membeli smartphone Android dengan harga murah, sebaiknya lakukan pengecekan apakah smartphone tersebut palsu atau asli. Karena bisa saja smartphone tersebut adalah refurbish atau bahkan replika.

Ada beberapa cara mudah untuk mengecek apakah smartphone tersebut replika atau bukan:

•Cek bentuk dan kelengkapan penjualan

Biasanya smartphone replika dibuat dengan bentuk yang sangat mirip dengan aslinya. Tapi, bagaimanapun juga tetap ada perbedaan antara smartphone asli dan palsu. Kalian harus lebih jeli dan detail ketika membedakan. Sebaiknya jika memungkinkan kalian bisa mengecek nomor IMEI atau serial number ke website resmi smartphone itu.

•Lakukan Boot Hingga Menu Recovery

Smarthone replika atau palsu bisa saja sama persis dari hardware hingga software dengan yang aslinya. Namun, ada cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya yaitu menggunakan Recovery Mode.
Kebanyakan smartphone Android palsu hadir dengan tool atau recovery berbahasa Cina. Sedangkan yang asli biasanya berbahasa Inggris. Untuk melakukannya kalian bisa menekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan.

2. Bandingkan Spesifikasinya

Smartphone replika biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda, bahkan di bawah yang seharusnya. Kalian bisa memanfaatkan situs-situs terkenal yang menyajikan informasi soal spesifikasi smartphone. Bandingkan dengan spesifikasi pada ponsel yang akan kalian beli. Cara mudah untuk mengecek spesifikasinya adalah dengan menginstal aplikasi pihak ke tiga seperti AnTuTu atau CPU-Z

3. Cek Kondisi Android Apakah Sudah Root atau Belum

Kondisi smartphone bisa menentukan apakah smartphone tersebut asli atau tidak. Nah, bagi smartphone asli, mereka tidak menjual smartphone dengan kondisi device yang telah di-root. Namun ada beberapa produsen Cina yang menjual smartphone Android replika dengan kondisi yang sudah di-root. Untuk mengeceknya kalian bisa menggunakan aplikasi Root Checker. (Suara.com/Yuniar)

Related Posts