Cegah Hewan Piaraan Telantar, Ahok Imbau Pasang Microchip

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Di acara peresmian edukasi massal bertema Kesejahteraan Hewan Cermin Jakarta Maju, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengimbau masyarakat Jakarta yang punya hewan piaraan, seperti anjing atau kucing, agar memasangkan microchip.

“Jadi kalau dipasang microchip ini, kalau anjing atau kucing kalian hilang atau sengaja dibuang nanti ketahuan. Nanti ini akan terkoneksi sama sistem Smart City-nya pemprov. Jadi kelihatan ini yang punya siapa,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (7/2/2016).

Microchip akan berfungsi sebagai pendeteksi keberadaan satwa. Cara ini dinilai Ahok lebih efesien untuk melindungi piaraan dari aksi pencurian hewan.

“Biasanya kan anjing misalnya dikasih peneng (kalung nama di leher) biar nggak ilang. Tapi kan itu bisa dicopot. Kejahatan pada hewan ini kan pada nyuri anjing terus dijadikan makanan. Untuk mencegah itu kita kasih microchip ini.  Tadi saya tanya sama dokternya, kalau microchip ini bisa diambil atau operasi nggak. Itu akan susah kalau diambil,” kata dia.

Program ini sekaligus untuk mencegah peningkatan jumlah hewan terlantar yang berpotensi menyebarkan virus.

Ahok mengatakan harga microchip bervariasi. “Harganya ada Rp100 ribu, Rp 150 ribu. Tapi harus steril dulu yang pasti,” kata Ahok.

(Suara.com/Dede)

Related Posts