Gerindra: Lippo dan Sinar Mas Untung Besar dari Proyek Kereta Cepat

Jakarta, thetanjungpuratimes.com– Partai Gerindra mencurigai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hanya akan menguntungkan pengembang properti swasta besar di Indonesia.

“Beberapa group perusahaan besar terlibat dalam perencanaan tersebut. Sebut saja Sinar Mas, Summarecon, dan Lippo,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono, dalam diskusi publik di Kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2016).

Menurut Ferry, banyak kepentingan bisnis kelompok pengembang raksasa mewarnai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Dia memaparkan tanah-tanah yang akan dilalui Kereta Cepat Jakarta-Bandung nantinya akan dikuasai para pengembang besar itu dengan cara pembelian melalui keistimewaan dari negara.

Nantinya, kata Ferry, para konglomerat raksasa itu akan mengembangkan lahan-lahan yang mereka beli dari negara itu menjadi proyek preperti kawasan elit untuk dijual lagi ke para konsumen dengan harga selangit.

“Para pengembang raksasa swasta itu akan meraup keuntungan dibandingkan keuntungan murni yang didapat dari proyek kereta cepat itu sendiri,” tutur politikus Gerindra itu.

Untuk itu, Ferry menuntut pemerintah untuk transparan mengumumkan kepada masyarakat tentang perusahaan mana saja yang telah mendapat hak pelepasan tanah atas proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. “Masyarakat tidak boleh dikelabui motif pencarian keuntungan dari korporasi ini dengan kedok kepentingan umum,” tandasnya.

(Rimanews.com/Dede)

Related Posts