Untan Gelar Kuliah Umum Tentang “Agro-Resources For Futures”

Pontianak,thetanjungpuratimes.com-Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar kuliah umum dengan tema ‘agro-resources for Futures’, dengan pembicara Dr.Zephirin MOULOUNGUI dari Institut National Polytechnique de toulouse, dari Perancis. Rabu (10/2) pagi.

Rektor Untan Thamrin Usman dalam paparannya menuturkan kuliah umum ini digelar bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pemanfaatan sumber daya alam yang baik dan benar.

“Kita kemaren sudah mengunjungi kabupaten Bengkayang, melihat potensi buah tengkawang dan pemanfaatannya bagaimana, seperti untuk pembuatan krim kosmetik ‘anti aging’ buat wanita,” paparnya.

Thamrin mengatakan sejatinya banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan jika dilakukan penelitian dengan benar.

“Sudah saatnya kita beralih ke ‘green industries’, memanfaatkan sumber daya alam yang ramah lingkungan,” tambahnya.

 Sementara itu, Dr.Zepirin dalam sambutannya mengatakan, kuliah umum ini untuk mengetahui sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang bisa dimanfaatkan untuk menuju industri yang ramah lingkungan dimasa depan.

Dr.Zepirin menjelaskan dirinya sudah melakukan kunjungan ke sejumlah perusahaan sawit untuk memperkenalkan teknologi yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah sawit, selain itu dirinya juga sudah mengembangkan dan memodifikasi limbah alam dengan metode moderen dan penelitian ilmiah.

“Ini yang bisa kita buat berasal dari polymers, kita bisa buat produk yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Kedatangan Dr.Zepirin sendiri merupakan kunjungan akademik dan riset untuk memperkuat jalinan mitra kerjasama antara Untan dan Institut National Polytechnique de toulouse, France, untuk mengembangkan inovasi pada bidang agroindustri.

(Dede)

Related Posts