Jalan Putus, Desa Mandau Baru, Kabupaten Melawi Terisolir

 
Nanga Pinoh, thetanjungpuratimes.comJalan Padat Karya menuju Desa Mandau Baru, kabupaten Melawi telah terputus akibat terjangan arus sungai.
Sejak jalan ini putus, hanya ada jembatan darurat yang bisa digunakan warga untuk sampai ke desa itu. Jembatan darurat itupun hanya berupa tiga batang kayu bulat.
Kata Suparjan, warga Desa Mandau Baru, jalan yang putus ini merupakan akses penghubung antara Desa Mandau Baru dengan Desa Nanga Pintas.
Dikatakannya, lokasi jalan yang putus ini terletak di sekitar 1 km dari permukiman penduduk di Desa Mandau Baru. Jalan tersebut merupakan satu-satunya akses untuk keluar masuk Desa Mandau Baru, jika ingin berpergian ke Kota Kecamatan Pinoh Selatan maupun ke ibukota kabupaten.
“Jalan ini juga merupakan akses bagi kendaraan milik Badan Atom Nasional (BATAN) menuju lokasi uranium yang terletak di daerah Kalan,” ujarnya.
Suparjan menyampaikan, jalan tersebut putus akibat gorong-gorong yang ada di daerah tersebut tidak mampu mengeluarkan air sungai yang ada dihulunya, sehingga saat terjadi hujan air meluap diatas badan jalan. Akibatnya lama-kelamaan badan jalan menjadi putus akibat longsor.
“Gorong-gorong tersebut dibuat tahun 2015 lalu, tapi karena kapasitasnya kecil sehingga tidak mampu membuang air, yang akhirnya menyebabkan air meluap kebadan jalan,” tuturnya.
Sementara itu, ditempat yang sama, Ramsyah Ketua Badan Pemusyarahan Desa (BPD) Mandau Baru mengatakan, supaya kendaraan bisa melewati jalan yang putus tersebut, warga mengambil inisiatif membuat jembatan darurat yang bahannya menggunakan tiga batang kayu bulat.
“Untuk mengatasi lokasi tersebut hanya dengan membuat gorong-gorong baru atau membuat jembatan,” ungkapnya.
Dikatakan dia, masyarakat berharap kepada Dinas Pekerjaan Umum Melawi supaya segera memperbaiki jalan tersebut, apakah nantinya dibuat gorong-gorong atau jembatan baru, semua itu diserahkan kepada Pemda.
“Kami hanya ingin bagaimana caranya lalu lintas di jalan tersebut menjadi lancar kembali, sehingga masyarakat tidak mengalami kendala ketika keluar masuk melintasi jalan tersebut,” katanya.
(Afif/Dede)

Related Posts