Donald Trump Akan Suruh Cina ‘Lenyapkan’ Kim Jong-un

NewyorkDonald/ thetanjungpuratimes.com –  Trump dikenal sebagai kandidat presiden Amerika Serikat yang paling sering disorot karena kerap melontarkan rencana-rencana kebijakan yang cenderung kontroversial. Kontroversi itu kembali berlanjut ketika Trump menyatakan akan meminta Cina menyingkirkan Kim Jong-un, sang pemimpin Korea Utara, apabila dirinya terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat.

Pernyataan tersebut disampaikan Trump dalam sebuah acara bincang-bincang yang ditayangkan sebuah televisi. Ia memberikan jawaban yang mengejutkan ketika ditanyai soal strateginya menghadapi ancaman nuklir dari Korea Utara dan pemimpinnya, Kim Jong-un.

“Saya akan menyuruh Cina untuk melenyapkan orang itu (Kim Jong-un) dengan cara apapun dengan cepat,” kata Trump dalam acara “CBS This Morning” seperti dikutip oleh Politico.

Trump tidak mengungkapkan, apakah yang ia maksud “melenyapkan” adalah berarti “membunuh”. Sebaliknya, ia hanya menjawab, “Yah, saya pernah mendengar hal-hal yang lebih buruk, sayangnya”.

“Maksud saya, orang ini adalah orang yang jahat, dan saya tidak meremehkannya,” kata Trump tanpa menyebut nama sang diktator.

“Anak muda yang mampu mengambil alih kekuasaan dari ayahnya dan berurusan dengan para jenderal maupun orang lain yang mau merebut posisi tersebut, adalah seseorang yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata,” sambungnya.

Trump mengatakan, Cina punya kendali atas Korea Utara dan Amerika Serikat punya kendali atas Cina. Oleh karena itu, menurut Trump, Presiden Amerika Serikat mampu mengatur “penghilangan” tersebut.

Urusan Korea Utara bukan satu-satunya negara yang bakal terpengaruh kebijakan luar negeri Trump. Trump juga pernah menyatakan dukungannya untuk menggempur Suriah, membangun dinding di perbatasan AS untuk mencegah masuknya imigran asal Meksiko, serta memperkuat kembali hubungan AS dengan Israel. (Suara.com/Yuniar)

Related Posts