MTQ Melawi, Jangan Datangkan Peserta Dari Luar

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Menjelang pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Melawi di Kecamatan Ella Hilir, telah terdengar isu banyak kecamatan yang akan menggunakan qori dan qoriah yang didatangkan dari luar Melawi, alias naturalisasi untuk diturunkan pada MTQ yang akan digelar pada 26 Januari mendatang.

“Alangkah baiknya utamakan potensi yang ada, karena kemampuan orang lokal tidak kalah hebatnya dengan orang dari luar,” ungkap Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Melawi, Hinduansyah, Selasa (16/2).

Sebagai peserta yang akan diturunkan pada MTQ nanti, seharusnya memaksimalkan potensi yang ada di masing-masing kecamatan.

“Jangan terlalu mengandalkan orang dari luar,” pintanya.

Menurut Hinduansyah, menggunakan orang lokal tersebut salah satu upaya untuk mempermudah dalam hal melakukan pembinaan setelah pelaksanaan MTQ di tingkat kabupaten ketika pelaksanaan usai. Termasuk juga sebagai upaya untuk melakukan pengkaderan.

“Kalau selalu menghandalkan orang dari luar, bagaimana melakukan pembinaan, sehingga pengkaderan tidak bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara Abdul Karim, seorang tokoh masyarakat mengatakan, dirinya sangat menyayangkan kalau pada MTQ ditingkat kabupaten mengambil orang dari luar. Sebab, hal itu akan menghalangui kesempatan orang lokal untuk menunjukkan kemampuannya pada ajang MTQ tersebut.

“MTQ ini perlombaan kegiatan keagamaan, bukan pertarungan gengsi antar kecamatan. Kecuali kejuaraan bola, untuk memperkuat tim mengambil pemain dari luar,” ungkapnya.

Dia berharap, harus ada semacam ketegasan dari LPTQ Kabupaten Melawi terhadap persoalan ini, agar masing-masing kecamatan bisa bersaing dalam melakukan pembinaan terhadap putra dan putrinya sebelum pelaksanaan MTQ yang sudah menjadi agenda nasional tersebut. (Tantra/Yuniar)

 

Related Posts