Distanak Kalbar Terus Kontrol Unggas

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Kepala Dinas Peternakan Kalbar, Abdul Manaf menyebutkan, pihaknya terus menjalankan tugas pemantauan harga unggas dan telur di pasaran.

“Tugas kami adalah bagaimana pemerintah daerah menyediakan ayam dan telur yang cukup untuk masyarakat, dan kami juga bertugas bagaimana daging dan telur yang terjual dalam kondisi  aman dan halal untuk di konsumsi,” ucapnya.

Manaf mengatakan pihaknya terus mengontrol segala hal terkait perunggasan, antara lain perkembangan usaha peternakan , serta mencegah penyakit agar tidak masuk dan berkembang di Kalimantan Barat dengan cara mengawasi perkembangan pasokan ternak di Kalbar.

Terkait dengan pakan ternak, tambahnya pihaknya sudah bekerjasama dengan lintas sektoral seperti pertanian, namun dirinya mengharapkan pihak dinas pertanian agar bisa memanam jagung yang bisa menjadi alternatif pakan unggas.

“Kebutuhan pakan ternak kita 70 persen masih di datangkan dari luar 5.650 ton pertahun untuk jagung yaitu dari Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” jelasnya.

(Faisal/Dede)

Related Posts