Pilih-pilih Susu yang Sehat untuk Dikonsumsi

thetanjungpuratimes.com – Konsumsi rutin susu baik untuk kesehatan tubuh. Tapi manakah yang lebih sehat dikonsumsi: susu pasteurisasi, UHT, atau bubuk? Menurut pakar gizi Emilia Achmadi, susu segar adalah pilihan pertama. “Semakin alami, semakin bagus untuk tubuh,” jelasnya di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Semakin lama susu diolah, lanjutnya, kandungan nutrisi dalam susu akan semakin berkurang. Karena itu, pilihan terbaik berikutnya adalah susu pasteurisasi, susu UHT, dan terakhir susu bubuk.

Dalam proses pasteurisasi, susu dipanaskan hanya untuk membunuh bakteri patogen yang menjadi sumber penyakit. Susu pasteurisasi harus dijaga temperaturnya saat disimpan atau dikirim agar kualitasnya terjaga.

Susu UHT (ultra high treatment) diolah lebih lama sehingga benar-benar steril tanpa bakteri. Maka, susu UHT bisa bertahan lebih lama tanpa pendingin selama kemasannya belum dibuka.

Susu bubuk telah melewati proses evaporasi yang menghilangkan kandungan vitamin B kompleks, meski kandungan lain seperti kalsium tetap terjaga.

Bagaimana dengan susu kental manis? Emilia berpendapat susu kental manis bukanlah susu, melainkan sirup dengan rasa susu. “Gulanya tinggi, konten susunya sedikit,” tukasnya.

(Rimanews.com/Antara/Dede)

Related Posts