Penari Taiwan Meriahkan Cap Go Meh di Bogor

Bogor, thetanjungpuratimes.com – Pesta rakyat Bogor Cap Go Meh Street Festival 2016 akan dimeriahkan oleh para penari dari Klenteng Sinying Taizi Tainan, Taiwan yang akan membawakan tarian Lo Ciam Sam Tay Cu.

“Tarian Lo Ciam Sam Tay Cu merupakan kesenian khas Taiwan, menggunakan ornamen seperti ondel-ondel dari Jakarta,” kata Ketua Panitia Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh (GCM) Street Festival 2016, Arifin Himawan, Minggu (21/2).

Tarian Lo Ciam Sam Tay Cu, lanjut dia, dibawakan oleh lima orang penari yang diiringi musik-musik berirama cepat khas dari Taiwan. Mereka akan tampil bersama iring-iringan peserta Cap Go Meh yang akan berlangsung besok, Senin (22/2).

“Ini merupakan penampilan yang kedua kalinya dari Taiwan. Tahun lalu, mereka juga hadir memeriahkan Cap Go Meh di Kota Bogor yang disaksikan langsung Presiden Joko Widodo,” jelas Arifin.

Menurut dia, rombongan dari Taiwan berjumlah 20 orang, mereka secara khusus hadir memeriahkan Cap Go Meh di Kota Bogor atas instruksi dari Wali Kota Tainan, yang ingin perwakilan Klenteng Sinying Taizi untuk hadir sebagai ajang silaturahmi sekaligus promosi pariwisata.

“Meski saat ini kondisi Taiwan sedang dilanda gempa, tetapi Wali Kota tetap mengirimkan perwakilan negaranya untuk hadir di Bogor. Wali Kota menyatakan urusan gempa menjadi urusan pemerintah, dan mereka diperbolehkan pergi untuk menghadiri Cap Go Meh,” kata Arifin.

Hadirnya rombongan Tainan, Taiwan ke Kota Bogor, lanjut Arifin, adalah salah satu bukti sumbangsi penyelenggaran Cap Go Meh terhadap sektor pariwisata di Bogor. Rombongan akan berada di Bogor selama tiga hari dan menginap di salah satu hotel.

“Cap Go Meh ini diikuti lebih dari 1.000 orang peserta, mereka tidak hanya datang dari wilayah Jabodetabek, tetapi kota lainnya. Keberaan mereka di Bogor akan meningkatkan okupansi hotel,” kata Arifin.

Pesta Rakyat Cap Go Meh Street Festival akan dimulai pukul 14.00 WIB. Selama penyelenggaraan berlangsung, arus lalu lintas akan dialihkan terutama bagi kendaraan yang melintasi Jalan Surya Kencana dan Siliwangi.

Pihak Polres Bogor Kota dan DLLAJ akan memberlakukan penutupan jalur Surya Kencana dimulai pukul1 14.00 WIB, kendaraan yang ingin ke Surya Kencana dialihkan ke Jalan Empang hingga Bondongan. Jalan menuju Otista akan diberlakukan rekayasa lalu lintas agar tidak menyebabkan kemacetan. Masyarakat yang hendak melintas atau menonton acara, diharapkan datang lebih awal, agar tidak terjebak macet.

“Untuk mengantisipasi kemacetan, kita berlakukan penutupan dan pengalihan arus. Rekayasa lalu lintas di lokasi yang bersinggungan langsung dengan tempat pelaksanaan Cap Go Meh. Akan disediakan kantong-kantong parkir, agar kendaraan tidak parkir sembarangan tempat,” kata Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra.

Ia mengatakan, kantung-kantung parkir yang tersedia, ada di Pool Damri Baranangsiang khusus untuk tamu VIP, Kebun Raya Bogor, Gedung Konservasi Kebun Raya, Museum Zoologi, dan di seputar Jalan Juanda. (Suara.com/Antara/Yuniar)

Related Posts