Izin Habis, Pemerintah Akan Evaluasi 10 Stasiun Televisi

Izin Habis, Pemerintah Akan Evaluasi 10 Stasiun Televisi

Bandung, thetanujungpuratimes.com –Sepuluh televisi swasta di Indonesia tahun ini akan habis izin frekuensinya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun akan mengevaluasi kesepuluh televisi itu untuk diputuskan perizinan tersebut diperpanjang atau tidaknya.

“Sampai akhir tahun ini ada 10 TV yang akan berakhir izin frekuensinya,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui usai menghadiri Rapat Koordinasi Penyiaran di  Bandung, Kamis (25/02).

Sepuluh stasiun TV yang akan habis masa izinnya itu adalah ANTV, GlobalTV, Indosiar, MNCTV, RCTI, SCTV, TransTV, Trans7, TVOne, dan MetroTV. Untuk memutuskan bisa tidaknya diperpanjang, Kementrian Kominfo dan KPI akan melakukan evaluasi. Kominfo mengevaluasi dari sisi administrasi dan teknis sementara KPI dari sisi konten siaran.

“Nanti kami menyatu bersama dengan KPI. Dari KPI evaluasinya apa, dari Kominfo evaluasinya apa. Baru setelah itu Menkominfo menetapkan apakah diperpanjang atau tidak,” katanya.

Rudiantara mengatakan, ada beberapa kemungkinan untuk sepuluh TV tersebut, yaitu perpanjangan, perpanjangan dengan syarat atau bisa juga tidak diperpanjang. Hingga saat ini Kemenkominfo dan KPI masih melakukan proses evaluasi untuk 10 stasiun TV tersebut.

(Rimanews.com/DBS/Dede)

Related Posts