Pemda Gelar Musrenbang RKPD

Pemda Gelar Musrenbang RKPD

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Berdasarkan evaluasi Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat terhadap beberapa isu strategis, pembangunan Kabupaten Mempawah terselenggara dengan baik. Kendati demikian, masih terdapat beberapa permasalahan yang perlu mendapat perhatian.

“Saya mengingatkan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi,” ungkap Staf Ahli Gubernur Kalimantan Barat Bidang Pemerintahan, Aminuddin, Senin (7/3) usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah untuk Tahun 2017.

Menurut Aminuddin, koordinasi dan sinergitas dapat menghasilkan pembangunan yang semakin meningkat, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang pada akhirnya bermuara kepada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Apalagi di dalam forum musrenbang, akan dibahas penyelarasan program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan,” tuturnya.

Sementara Bupati Ria Norsan menjelaskan Musrenbang merupakan rangkaian tahapan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah tahun 2017. Hal ini merupakan penjabaran tahun ketiga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mempawah 2015-2019.

“Untuk itu diperlukan pembahasan dengan intervensi program dan kegiatan prioritas agar sasaran dari indikator dan target yang telah ditetapkan dalam RPJMD tahun ketiga Kabupaten Mempawah bisa ditetapkan,” tuturnya.

Menurutnya, pelaksanaan Musrenbang RKPD sangat strategis. Selain sebagai landasan penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara, juga sebagai bahan evaluasi untuk memastikan APBD telah disusun berlandaskan RKPD.

“Karena itu keterlibatan semua unsur secara aktif menjadi sangat diperlukan. Sehingga diharapkan Kabupaten Mempawah dapat menetapkan APBD 2017 tepat waktu,” pungkasnya. (Hamzah/Yuniar)

Related Posts