Pemerintah Tak Izinkan Jual Minol

Pemerintah Tak Izinkan Jual Minol

Putusibau, thetanjungpuratimes.com – Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (KPMP2T) Kabupaten Kapuas Hulu menegaskan, tidak ada izin untuk tempat penjualan minuman beralkohol (minol) atau penginapan yang menjadi tempat prostitusi di Bumi Uncak Kapuas.

“Perizinan yang dikeluarkan hanya untuk cafe atau rumah makan, yang menjual minuman dan makanan, bukan yang menjual minuman beralkohol,” ungkap Kasi Informasi dan Pengaduan KPMP2T Kapuas Hulu, Yohanes Telajan S,Sos, Senin (7/3).

Menurutnya, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 tahun 2015, tidak diperbolehkan untuk menjual minuman beralkohol. Bahkan, Surat Keputusan Gubernur Kalbar Nomor 7 tahun 2005 juga menlarang penjualan minol.

“Kami tidak bisa mengeluarkan untuk izin penjualan minol,” tegas Yohanes.

Dari pelimpahan kewenangan yang tertuang pada Peraturan Bupati Kapuas Hulu Nomor 24 tahun 2012, ada 15 perizinan yang menjadi kewenangan KMP2T setempat.

“Keseluruhan perizinan itu tidak ada yang mengenai penjualan minol atau penginapan plus-plus,” tambahnya.

Pemerintah tidak ada mengizinkan untuk hal itu. SITU dan SIUP yang dikeluarkan bisa untuk karoke keluarga, dan bukan yang sifatnya menjual minol atau menjurus pada prostitusi. Demikian pula izin penginapan, tidak bisa dijadikan izin bagi tempat penginapan yang memperkerjakan pekerja seks komersial.

“Kalau fungsinya memperkerjakan PSK, maka penginapan itu menyalahi izin. Boleh ditertibkan oleh instansi yang berwenang, seperti Satpol PP dan aparat penegak hukum,” pungkasnya. (Yohanes/Yuniar)

Related Posts