Lapan Pontianak Lakukan Simulasi Pengamatan Gerhana

Persiapan Gerhana Matahari di Pontianak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kota Pontianak mulai melakukan gladi bersih persiapan pengamatan gerhana matahari di masjid Mujahidin, Selasa (8/3) pagi.

Staf fungsional umum LAPAN Pontianak, Nata Miharja menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan teropong matahari untuk mengamati gerhana matahari, yang terjadi pada hari Rabu, (9/3) pagi.

“Kita sedang mempersiapkan teropong matahari, di dalam teropong ini sudah ada filternya, jadi aman untuk melakukan pengamatan,” ujar Nata saat melakukan simulasi pengamatan di Menara lantai 4 Masjid Mujahidin Pontianak.

Nata mengatakan gerhana matahari akan terjadi selama 2 sampai 3 menit, dan puncaknya atau titik sentral gerhana terjadi pada pukul 07.24 wib. Ia mengungkapkan pada saat titik sentral tersebut kondisi matahari akan tertutupi sebanyak 93 persen. Dan time contact bulan menutupi matahari terjadi pada pukul 06.20 wib sampai dengan 07.24 wib dan akan berakhir pada pukul 08.34 wib.

“Nanti masyarakat Pontianak akan menikmati gerhana matahari cukup lama, namun saya meminta pada masyarakat untuk menggunakan alat pengamatan yang aman,” ucapnya.

Lebih jauh Nata menambahkan, di wilayah Kalimantan Barat sendiri ada sejumlah daerah yang akan dilintasi gerhana matahari yaitu Kabupaten Ketapang tepatnya kecamatan Manis Mata, kecamatan Kendawangan dan kecamatan Kepahan.

“Untuk ketiga daerah tersebut saya mengimbau pada masyarakatnya dari pukul 07.27 wib pada fase bulan menutupi matahari, itu boleh saja melihat tidak menggunakan alat pengamatan matahari, tetapi ketika bulan meninggalkan matahari maka saya minta gunakan alat pengamatan matahari, karena dikhawatirkan berbahaya bagi mata,” tandasnya.

Foto : Dede
Foto : Dede
Foto : Dede
Foto : Dede
Foto : Dede
Foto : Dede

(Dede)

Related Posts