Sambas Targetkan Imunisasi Polio Tercapai 100 Persen

Sambas Targetkan Imunisasi Polio Tercapai 100 Persen

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Dinas kesehatan kabupaten Sambas menggelar pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, di pasar rakyat tebas, kecamatan Tebas.

Sebanyak 600 balita dari 3 Posyandu desa Tebas Sungai, menerima vaksin polio yang diberikan secara gratis kepada para balita. Pencanangan PIN Polio di pasar rakyat tebas dibuka langsung oleh Bupati Sambas Juliarti Juhardi Alwi.

Dinas kesehatan kabupaten Sambas dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio tahun 2016, sudah mempersiapkan 532 pos PIN di seluruh kabupaten Sambas. Selain pos PIN, rumah sakit dan puskesmas serta poskesdes juga menjadi tempat pemberian vaksin polio terhadap balita di kabupaten Sambas yang berjumlah 60.326 balita.

Di hari pertama pemberian vaksin polio Selasa (8/3), Dinas kesehatan kabupaten Sambas mengklaim sudah memberikan vaksin polio terhadap balita hingga mencapai 35 persen dari jumlah 60.326 balita yang ditargetkan.

Dinkes Sambas sendiri menargetkan dalam satu minggu target pemberian vaksin polio sudah tercapai 100 persen.

“Jika dalam hari kelima masih belum mencapai target, maka petugas akan mendatangi rumah ke rumah yang ada balitanya,” ungkap Kabid penanggulangan masalah kesehatan (PMK) Dinas kesehatan kabupaten Sambas, Ardias.

Hal senada juga dikemukakan wakil Bupati Sambas Pabali Musa. Ia mengatakan pelaksanaan PIN polio diupayakan harus bisa mencapai target.

“Harapan cakupan minimal adalah 95 persen untuk seluruh Indonesia, di Sambas kita berupaya lebih dari cakupan minimal 95 persen. Hingga hari terakhir pelaksanaan PIN Polio kita berharap bisa 100 persen,” katanya.

Agar PIN Polio dapat berjalan dengan sukses dan bisa mencapai target, dirinya berharap kepada semua unsur untuk dapat memberikan dukungan agar PIN polio di Sambas bisa mencapai target yang diinginkan.

(Gindra/Dede)

Related Posts