Cuaca Palembang Diprediksi Cerah Saat Gerhana Matahari

Cuaca Palembang Diprediksi Cerah Saat Gerhana Matahari

Palembang, thetanjungpuratimes.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirkan kondisi cuaca di Kota Palembang dan dan wilayah Provinsi Sumatera Selatan lainnya pada saat terjadi Gerhana Matahari Total, Rabu (9/3) pagi, cerah berawan.

Berdasarkan pengamatan melalui satelit, tutupan awan pada saat terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) di Kota Palembang dan sekitarnya 30-50 persen.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama menambahkan pada siang hingga sore harinya diprakirakan cuaca berawan hingga berpeluang turun hujan ringan dan sedang dengan tutupan awan 50-85 persen.

Secara statistik hujan yang turun pada pagi hari di Maret 2016 ini relatif sedikit berkisar 15 hingga 20 persen. Melihat angka statistik tersebut, diprakirakan cuaca cukup bersahabat dan mendukung dilaksanakannya kegiatan shalat gerhana matahari dan pengamatan proses fenomena alam langka itu di ruangan terbuka seperti yang disiapkan Pemerintah Kota Palembang dan Pemprov Sumsel.

Fenomena alam langka Gerhana Matahari Total diprakirakan melintasi delapan kota di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu. GMT juga bisa dilihat masyarakat di tujuh kota Sumsel lainnya yakni Lubuklinggau, Rupit, Muarabeliti, Talang Ubi, Sekayu, Pangkalanbalai, dan Indralaya. (Suara.com/Antara/Yuniar)

Related Posts