Dermaga Tebas Kuala – Perigi Piai Yang Baru Belum Bisa Digunakan

Dsihubkominfo Sambas Nyatakan Dermaga Tebas Kuala Segera Dioperasikan

Sambas, thetanjungpuratimes.com Anggota komisi D DPRD kabupaten Sambas Riky Firmansyah mempertanyakan fungsi dan keberadaan dermaga Tebas Kuala-Perigi Piai kabupaten Sambas, pasalnya dermaga yang telah selesai pembangunannya tersebut masih belum bisa dimanfaatkan.

Aktivitas penyeberangan, menurutnya masih menggunakan dermaga darurat, yang dibangun sebagai pengganti dermaga sebelumnya, pada saat dilakukannya pembangunan dermaga tersebut. Pembangunan dermaga katanya, merupakan wewenang Dinas Perhubungan provinsi, oleh sebab itu dirinya mempertanyakan kapan dermaga tersebut baru mulai dioperasikan.

“Pembangunan fisiknya secara kasat mata telah selesai dilakukan, namun hingga saat ini aktivitas penyeberangan masih menggunakan dermaga darurat,” katanya, Rabu (9/3).

Anggota fraksi PPP DPRD kabupaten Sambas ini mengatakan jika penyeberangan Tebas Kuala-Perigi Piai merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di beberapa kecamatan. Serta merupakan jalur utama kabupaten Sambas, yang dapat menghubungkan lima kecamatan.

Dikatakannya, akibat masih menggunakan penyeberangan darurat tersebut, kegiatan ekonomi masyarakat menjadi terhambat.

“Sejumlah sopir angkutan sudah sering mengeluhkan jika akibat penggunaan dermaga darurat ini, pendapatan mereka para sopir angkutan barang dan material berkurang drastis. Hal ini terjadi lantaran, mereka harus mengantre hingga mencapai lima jam. Padahal kalau kondisi normal antrean tidak sampai setengah jam, kondisi ini juga turut berdampak terhadap kenaikan harga barang di kecamatan Jawai, Jawai Selatan serta kecamatan lainya,” jelas Riky.

Untuk itu dirinya mendorong agar pihak terkait secepatnya mengoperasikan dermaga tersebut.

“Memang melihat kondisi kapal fery dan dermaga yang baru tersebut, kapal fery yang ada tidak bisa sandar di dermaga tersebut. Harus ada penggantian armada agar sesuai dengan dermaga yang telah dibangun, kami masyarakat minta tolong kepada pihak terkait, tolong secepatnya dermaga baru segera dioperasikan, karena ini satu-satunya sarana penunjang urat nadi perekonomian masyarakat,” ujarnya.

(Gindra/Dede)

 

 

 

Related Posts