Dishubkominfo Sambas Nyatakan Dermaga Tebas Kuala Segera Dioperasikan

Dsihubkominfo Sambas Nyatakan Dermaga Tebas Kuala Segera Dioperasikan

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika kabupaten Sambas, Zainal Abidin mengatakan, pengoperasian dermaga penyeberangan ferry Tebas Kuala-Perigi Piai, Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas akan diberlakukan setelah kapal tiba di dermaga penyeberangan.

Kondisi dermaga saat ini, kata Zainal memang sudah selesai dilakukan pembangunan, namun dermaga baru ini berbeda dengan dermaga sebelumnya.

“Sebelumnya itu, dermaga masih menggunakan ponton sebagai jembatan penghubung untuk menaikan kendaraan kedalam kapal fery. Nah dermaga yang ini tidak ada jembatan ponton, sehingga kapal yang ada saat ini tidak dapat menggunakan dermaga yang baru selesai dibangun tersebut, untuk menaikkan kendaraan ke dalam kapal ferry bisa langsung dilakukan tanpa ada ponton lagi,” ungkapnya Rabu (9/3) siang.

Dikemukakannya, jika kementerian perhubungan sebetulnya akan menyerahkan operasional dermaga kepada dinas perhubungan provinsi. Akan tetapi karena kondisi kapal dan kondisi dermaga tidak memungkinkan, hal tersebut akan ditunda, hingga kapal ferry jenis Roro (Round and Round)  tiba di dermaga Tebas Kuala.

“Kapal yang ada saat ini pintunya berada di samping kiri dan kanan, sementara dermaga yang baru itu hanya bisa menggunakan kapal roro dengan pintu masuk dari depan dan belakang. Agar dapat digunakan ASDP harus mendatangkan kapal yang sesuai, dengan pintu masuk di depan dan di belakang kapal,” ujar Zainal Abidin.

Ia mengatakan kapal ferry jenis roro diperkirakan akan tiba pada pertengahan bulan Maret.

“Pertengahan Maret kapal yang sesuai akan tiba di dermaga, untuk sementara ini kita masih menggunakan kapal yang lama serta dermaga darurat terlebih dahulu,” katanya.

Dikatakannya kapal ferry yang akan tiba di dermaga Tebas Kuala pertengahan Maret, akan sama seperti kapal ferry yang melayani penyeberangan Tanjung Harapan-Teluk Kalong Kecamatan Teluk Keramat dengan jenis roro.

Penyeberangan Tebas Kuala-Perigi Piai merupakan penyeberangan yang mengubungkan kecamatan Jawai, Jawai Selatan, kecamatan Teluk Keramat dengan kecamatan Tebas. Penyeberangan ini, merupakan salah satu sarana penunjang perekonomian masyarakat, melalui penyeberangan ini juga warga dari lima kecamatan membawa hasil pertanian untuk dipasarkan.

(Gindra/Dede)

Related Posts