Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Islamic MIB

Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Islamic MIB

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai Indonesia berpotensi terpilih sebagai tuan rumah Islamic Mega Infrastructur Bank. Sebab kondisi perekonomian domestik yang stabil.

“Indonesia dan Turki sedang dipilih untuk menjadi tuan rumah Islamic Mega Infrastructur Bank yang akan disponsori oleh Islamic Development Bank (IDB). Kita mempunyai kans yang banyak, prospek ekonomi bagus, infrastruktur juga sedang menjadi topik di Indonesia,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad di Jakarta, Selasa (8/3).

Ia memperkirakan bahwa jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Islamic Mega Infrastructur Bank maka potensi aliran dana asing masuk ke dalam negeri bakal lebih tinggi dibandingkan saat ini yang akhirnya dapat menopang pertumbuhan ekonomi domestik.

Sementara itu, Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan bahwa Indonesia sedang berupaya menjadi tuan rumah Islamic Infrastructure Bank meski masih harus bersaing dengan Turki.

“Dua tempat itu (Indonesia dan Turki) sedang diseleksi tim penilai IDB mengenai kelayakan dan kesiapan. BEI juga bantu promosi, supaya jadi ‘home base’. Itu baik untuk negara kita,” katanya.

Menurut dia, dari sisi perekonomian dan populasi penduduk mayoritas yang muslim, Indonesia dinilai cukup menarik sebagai penyelenggara dan para pemilik dana islam sedunia.

“Ada potensi besar dana yang akan masuk ke negara kita kalau berhasil jadi tempat penyelenggara. Dunia akan melirik ke kita,” katanya. (Suara.com/Antara/Yuniar)

Related Posts