Bidan Harus Profesional Dalam Pelayanan

Bidan Harus Profesional Dalam Pelayanan

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengharapkan seorang bidan dapat profesional dalam memberikan pelayanan profesional.

“Bidan mengawal 1000 hari pertama kehidupan menuju kehidupan berkualitas, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan tenaga bidan yang professional yang diharapkan memiliki kemampuan dan sikap yang baik sesuai dengan standar operasional pelayanan serta selalu proaktif,” ujarnya.

Menurut Hermanus, banyak ahli yang telah membuktikan bahwa meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas dimulai sejak dini, yaitu sebelum hamil atau dimulai sejak masa remaja sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan dan hal ini sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan.

“Sampai saat ini masih ada kematian ibu dan bayi saat persalinan. Sehingga diharapkan agar para bidan dapat memberikan edukasi dan penyuluhan yang baik bagi masyarakat terutama pendampingan ibu hamil dan menyusui,” tuturnya.

Hermanus menambahkan, meningkatnya harapan hidup dimulai dari peran aktif para bidan dalam penanganan persalinan dan pendampingan kehamilan sebagai bagian dari revolusi mental pelayanan.

“Saat ini keterbatasan tenaga kesehatan kita khususnya di desa masih sangat terbatas. Saat ini untuk satu bidan masih menangani dua hingga tiga desa sehingga dirasa belum maksimal, dan kedepan kita sudah memprogramkan agar setiap satu desa satu bidan yang tetap standby melayani masyarakat kita,” tandasnya.

(Monika/Dede)

 

Related Posts