BLH Sambas Tingkatkan Pengawasan Lingkungan

BLH Sambas Tingkatkan Pengawasan Lingkungan

Sambas, thetanjungpuratimes.com Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sambas berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan dampak lingkungan akibat operasional pelaku usaha baik di bidang perkebunan maupun bidang yang lainnya.

Hal itu sejalan dengan program dari Badan Lingkungan Hidup yang memang setiap tahun telah dilaksanakan, demikian disampaikan Kepala BLH Sambas, Darsono, Sabtu (12/03).

“Pengawasan terhadap beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan akan ditingkatkan sejalan dengan program yang telah dilaksanakan. Pengawasan itu, untuk menjamin dan mengantisipasi pengelolaan usaha yang ramah lingkungan,” terang dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap kegiatan pihak perusahaan secara periodik. BLH Sambas akan melakukan pengawasan sebagai bagian dari evaluasi dari perizinan lingkungan yang telah diterbitkan.

“Saat ini memang ada beberapa perusahaan yang memegang izin lingkungan. Supaya perusahaan terkawal dalam pengelolaan lingkungannya, maka kami akan melakukan pengawasan secara rutin terhadap aktivitas perusahaan tersebut. Pengawasan dilakukan mulai dari dokumen administrasi hingga pemantauan langsung ke lapangan,” kata Darsono.

Menurut Darsono, beberapa dokumen yang dievaluasi antara lain dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL), Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL).

“Evaluasi dan pengawasan ini bertujuan untuk menciptakan pengelolaan lingkungan yang berwawasan ramah lingkungan serta bisa menghasilkan kepatuhan dan kesadaran bagi pelaku usaha,” tegas dia.

Selain pengawasan terhadap lingkungan, lanjut Darsono, BLH Sambas juga akan mengikuti program Adipura dan Adiwiyata.

“Duta lingkungan juga merupakan program yang rutin dilakukan setiap tahun, begitu pula tahun ini. Bahkan kita berupaya bisa meraih Adipura melalui bantuan dari Bupati nanti,” katanya.

(Gindra/Dede)

Related Posts