Pemprov Kalbar Bakal Bikin Peraturan Potensi Galian Nuklir

Pemprov Kalbar Bakal Bikin Peraturan Potensi Galian Nuklir

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalimantan Barat, Parbubu Lumban Tobing menyebut kalau tenaga nuklir sangat penting untuk dibicarakan, terutama terkait masukan dalam pola pengawasannya.

“Kalau tidak dibicarakan maka dikhawatirkan akan merugikan bagi kita, dan nuklir harus dipergunakan sebaik mungkin bagi kehidupan masyarakat,” katanya saat menghadiri Konsultasi Publik Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Instalasi dan Bahan Nuklir, Senin (14/3) di hotel Mercure Pontianak.

Menurutnya, potensi galian nuklir yang ada di kalbar, terutama di Desa Kalang, Kecamatan Nanga Ella, Kabupaten Melawi merupakan anugerah bagi Kalbar.

“Untuk itu rancangan peraturan ini memang ditunggu, terkait galian nuklir yang ada di Kalimantan Barat,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Lumban, peraturan itu juga harus mengakomodir kondisi transisi, dan itu semua penting agar  tidak terjadi kekosongan dalam penerapannya dikemudian hari.

Apalagi, tambahnya melihat potensi dan bahaya radiasi nuklir, sehingga harus ada sanksi tegas bagi subjek yang melanggarnya, menurutnya, jika pelanggaran disengaja dan membahayakan bagi orang maka harus ada sanksi denda, dan pidana.

“Dalam kepengurusan galian nuklir harus melibatkan pemerintah daerah, karena dalam hal ini pemerintah daerah tidak mau hanya jadi penonton saja, sehingga galian nuklir tersebut dapat menyejahterakan masyarakat,” pintanya.

(Faisal/Dede)

Related Posts