Enam Latihan Fisik Hentikan Merokok

6 Tips Ampuh Berhenti Merokok Total Secara Alami

Thetanjungpuratimes.com – Merokok dinilai sebagai kebiasaan tak sehat. Nikotin yang dikandungnya, dianggap sebagai zat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian secara perlahan.

Meski sudah banyak perokok yang menyadari bahaya dari kebiasaan merokoknya, sedikit dari mereka yang benar-benar bisa berhenti. Kebanyakan sulit menaklukkan ketergantungannya dari kebiasaan merokok.

Belakangan para ahli menemukan cara sederhana untuk melepaskan diri dari jeratan kebiasaan buruk ini dengan berolahraga. Beberapa jenis latihan fisik diyakini mampu membuat pecandu rokok berhenti dari ketergantungannya. Ingin tahu apa saja jenis latihan fisik tersebut? Simak ulasan berikut!

1. Jalan kaki
Berjalan kaki intensitas sedang, menurut penelitian dapat membantu tubuh mengurangi keinginan merokok hingga dua kali lipat. Pengalihan melalui aktivitas fisik ini diyakini dapat melatih reseptor di otak untuk menekan hasrat untuk merokok yang sudah menjadu kebiasaan selama ini.

2. Jogging
Selain berjalan kaki, jogging atau lari-lari kecil juga memiliki efek yang sama dalam menstimulasi kerja otak terhadap kebiasaan merokok. Terlebih jika dilakukan secara rutin, efek pencegahan untuk merokok bisa lebih besar dibandingkan berjalan kaki.

3. Renang
Menurut peneliti, renang merupakan latihan terbaik untuk membantu seseorang berhenti merokok. Jadi, jika Anda benar-benar bertekad untuk berhenti merokok cobalah untuk menyediakan waktu setiap hari untuk berenang.

4. Yoga
Yoga juga merupakan salah satu jenis latihan fisik yang dapat membantu seseorang berhenti merokok. Beberapa gaya dari latihan yoga memang memiliki efek ‘pembersihan’ yang dapat melunturkan kebiasan-kebiasan yang menyakiti tubuh.

5. Bersepeda
Selain memiliki manfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, bersepeda juga dapat membantu mengalihkan diri dari kebiasaan tak sehat seperti merokok.

6. Menari
Menari juga merupakan cara terbaik untuk menyingkirkan kebiasaan merokok. Alihkan pikiran dan energi Anda untuk menari dan lihat efeknya setelah melakukannya secara rutin. (Suara.com/Yuniar)

Related Posts