Hermanus : Setiap Desa Perlu Memiliki SPD

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan, sesuai dengan UU nomor 6 tentang desa, bahwa saat ini pembangunan diarahkan kepada desa, dengan begitu, Ia menegaskan jika setiap desa perlu memiliki Sarjana Pendamping Desa (SPD).

“Saat ini anggaran-anggaran untuk desa semakin besar, sehingga sangat penting memang di setiap desa didukung dengan pendamping desa,” katanya.

Hermanus berharap, dari orang-orang yang lulus seleksi SPD memang sudah memenuhi persyaratan, memiliki kapasitas, pengalaman, wawasan, dan sebagainya. Sehingga mereka bisa melakukan pendampingan ke desa.

“Walaupun ada temuan para SPD yang kurang memahami, memiliki keterbatasan pemahaman, dan keterbatasan pengetahuan. Kita ingin mereka terus belajar dengan berbagai macam refrensi yang ada untuk melakukan pendampingan desa,” jelasnya.

Dilanjutkan Hermanus, jangan sampai ada proses tentang pembangunan desa para SPD tidak mengetahui apa yang ingin dilakukan. Oleh karena itu Pemkab Kubu Raya mengharapkan para SPD untuk melengkapi kapasitasnya.

“Kami dari Pemkab juga berusaha dalam setiap acara-acara pelatihan, dan pembinaan kepada desa untuk mengikut sertakan mereka dalam menyatukan persepsi langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka pendampingan desa. Kita juga menginginkan agar SPD dan SKPD kedepannya jauh lebih baik dalam mengelola anggaran dan dalam melaksanakan pembangunan desa,” terangnya.

(Monika/Dede)

Related Posts