Ilmuwan Berhasil Tumbuhkan Kaki Dinosaurus pada Ayam

Ilmuwan Berhasil Tumbuhkan Kaki Dinosaurus pada Ayam

thetanjungpuratimes.com Untuk pertama kalinya di dunia, para ilmuwan telah berhasil menumbuhkan kaki dinosaurus pada embrio ayam. Karya para ilmuwan di Cile ini diulas dalam edisi terbaru jurnal Evolution.

Spesies burung di dunia diyakini oleh para ilmuwan sebagai keturunan atau hasil evolusi dinosaurus. Eksperimen ini sendiri salah satu tujuannya untuk membuktikan teori itu.

“Eksperimen ini fokus pada satu ciri, untuk menguji hipotesis-hipotesis tertentu,” kata Alexander Vargas dari Universitas Cile seperti dikutip Discovery News.

Vargas dan timnya ingin mengetahui bagaimana tulang kaki pada spesies burung modern berevolusi. Pada dinosaurus, tulang yang disebut fibula itu, bentuknya mirip tabung dan memanjang hingga ke pergelangan kaki.

Sementara pada burung modern, fibula itu kehilangan ujung bawahnya dan menjadi lebih pendek. Fibula para burung terhubung dengan tulang kering (fibia). Tulang kering inilah yang terhubung langsung ke cakar.

Sebelumnya para ilmuwan telah mengetahui bahwa ketika masih berupa embrio, fibula burung mirip dengan pada struktur kaki dinosaurus tetapi kemudian berubah seiring pertumbuhannya.

Dalam eksperimennya, Vargas mengintervensi pertumbuhan pada embrio ayam. Mereka menghalangi pertumbuhan sebuah gen bernama Indian Hedgehog (IHH), yang menyebabkan embrio ayam memiliki kaki dinosaurus.

Adapun embrio itu tak diharapkan untuk menetas keluar dari telur, tetapi akan digunakan oleh para ilmuwan untuk meneliti proses biologi di balik perubahan struktur kaki pada spesies burung modern.

Eksperimen ini – mengubah anggota tubuh burung kembali ke tubuh dinosaurus – bukan yang pertama. Pada tahun 2015 lalu para ilmuwan dari Amerika Serikat berhasil mengubah paruh ayam menjadi paruh dinosaurus. Vargas dan timnya sebelumnya juga pernah mengubah telapak kaki ayam menjadi mirip kaki dinosaurus.

(Suara.com/Dede)

Related Posts