Ini Alasan Orang Gemuk Perlu Banyak Minum

Ini Alasan Orang Gemuk Perlu Banyak Minum

thetanjungpuratimes.com Orang berbadan gemuk terutama yang mengalami obesitas perlu minum lebih banyak air minum, karena lebih mudah kekurangan air atau dehidrasi. Demikian yang dikemukakan oleh Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI Fiastuti Witjaksono.

“Orang gemuk relatif lebih rentan dehidrasi, karena lemak dalam tubuhnya lebih banyak dan sedikit mengandung cairan, yakni sekitar 40 persen, sedangkan otot mengandung 70 persen cairan,” katanya pada konferensi pers Indonesian Hydration Working Group (IHWG) di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Lebih lanjut ia mengatakan orang berbadan gemuk akan lebih mudah mengalami dehidrasi yang berakibat pada munculnya penyakit kronik, seperti gagal ginjal, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Oleh karenanya, Fiastutik menyarankan agar masyarakat dapat menghitung asupan cairan yang diperlukan tubuh, yakni sekitar 25–30ml per kilogram.

Sementara itu, Spesialis Obstetri dan Ginekologi FKUI Shanty Olivia mengatakan rata-rata orang dewasa perempuan normalnya membutuhkan minimal 2.300ml per hari, sedangkan laki-laki 2.500-2.600ml per hari, “Kalau kondisi normal, tidak ada penyakit lain seperti diabetes, rekomendasi yang diberikan Kementerian Kesehatan adalah minimal 8 gelas per hari,” ujarnya.

Dalam buku “Mitos atau Fakta: Air dan Dehidrasi”, kebutuhan air bagi pasien obesitas sebaiknya 2 gelas lebih banyak dibandingkan kondisi normal.

Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan air putih yang lebih banyak dapat meningkatkan oksidasi atau pembakaran lemak.

“Dari penelitian klinis orang dewasa gemuk, minum 2 gelas air 1-2 jam sebelum makan (baik siang maupun malam) dapat menurunkan berat badan,” kata salah satu dari empat penulis buku tersebut Budi Iman Santoso yang juga Spesialis Obstetri dan Ginekologi FKUI.

Orang berbadan gemuk juga disarankan hanya minum air putih dan menghindari minuman yang mengandung gula atau minuman manis (sweetened beverage).

(Suara/Antara/Dede)

Related Posts