Mangrove Kubu Raya Terbaik di Asia

Mangrove Kubu Raya Terbaik di Asia

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Manajer Program Kalimantan Barat, WWF-Indonesia, Albertus Tjiu mengatakan, hutan mangrove yang ada di Kubu Raya memiliki jenis yang terbaik di Asia.

“Namun bukan artinya di Asia tidak ada yang terbaik, karena kategori mangrove yang ada di Kubu Raya merupakan jenis mangrove terlengkap,” katanya di Sungai Raya, Sabtu (19/3).

Menurutnya, ada sekitar 40 jenis mangrove yang teridentifikasi berada di Kubu Raya. Sehingga itu yang menjadi kategori terbaik. Sementara di Indonesia sendiri, ada 60 jenis mangrove yang terbaik, dan 40 jenis diantaranya ada di Kabupaten Kubu Raya.

Yang lebih uniknya lagi dibanding dengan daerah lain, mangrove di Kubu Raya memiliki spesies di dalamnya yaitu bekantan.

“Kalau kita melihat mangrove yang ada di Bali, maupu di Jawa, banyak mangrove yang bagus-bagus jenisnya, namun mereka tidak memiliki spesies yang endemik seperti di Kalimantan, khususnya di Kubu Raya yaitu spesies bekantan,” tuturnya.

Sedangkan pesut di Kubu Raya, berjenis beda dengan pesut yang ada di Kaltim yaitu pesut Mahakam yang sudah dikenal.

“Karena pesut yang ada di Kubu Raya adalah pesut laut yang dalam waktu-waktu tertentu pesut itu bermain sampai ke pesisir laut, dan di waktu lainnya pesut itu masuk ke dalam sungai yang airnya payau,” pungkasnya. (Faisal/Yuniar)

Related Posts