Kembangkan SMK, Banyuwangi Gandeng ITS

Kembangkan SMK, Banyuwangi Gandeng ITS

Banyuwangi, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk mengembangkan sekolah menengah kejuruan (SMK) di daerah itu.

“Kebetulan hari ini ada Pakde Karwo di Surabaya mantu, jadi sekalian kami manfaatkan untuk meminta waktu Pak Rektor ITS. Alhamdulillah beliau sangat merespons, dan dalam waktu dekat akan direalisasikan dukungan ITS bagi Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwa Anas, Sabtu (19/3).

Abdullah Azwar Anas bersilaturahmi dengan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof. Joni Hermana dan sejumlah wakil rektor serta guru besar ITS untuk membicarakan kerja sama tersebut.

Anas mengatakan bahwa ITS bersama kampus lain di Banyuwangi, seperti Politeknik Negeri Banyuwangi bakal bersama-sama mendorong pengembangan sejumlah SMK yang mempunyai jurusan yang berkaitan dengan teknologi.

“Kebetulan, sejumlah dosen Politeknik Negeri Banyuwangi kan lagi kuliah S-2 dan S-3 di ITS karena beasiswa pemerintah pusat. Jadi, klop, nanti bisa sinergi,” ujarnya.

Untuk SMK, sambung Anas, salah satu yang bakal diwujudkan adalah SMK baru di kawasan Tegalsari, Banyuwangi, yang tahun ini mulai dibangun dengan dana Rp14 miliar. SMK tersebut mempunyai jurusan terkait teknologi, pariwisata, dan batik.

“Kami dibantu Pakde Karwo (Gubernur Jatim Soekarwo) untuk membangun SMK. Nah, nanti ITS bisa ikut bantu seperti membuat kurikulum berbasis technopreneurship, termasuk mendidik guru-gurunya. Mungkin nanti namanya SMK Kreatif. Saya akan usulkan kepada Pak Gubernur untuk nama tersebut,” ujarnya.

Selain dukungan untuk SMK di Banyuwangi, mahasiswa ITS juga diharapkan bisa melaksanakan pengabdian atau kuliah kerja nyata (KKN) serta penelitian di Banyuwangi. (Rimanews.com/Yuniar)

Related Posts