Polsek Semparuk Terus Imbau Warga Taat Berlalu Lintas

Polsek Semparuk Imbau Warga Taat Berlalu Lintas

Sambas, thetanjungpuratimes.com Upaya memberikan kenyamanan dan keselamatan pemakai jalan di wilayah hukum Polsek Semparuk, diberikan dengan berbagai cara oleh pihak kepolisian resor Sambas sektor Semparuk.

Upaya tersebut menurut Kapolsek Semparuk, Iptu Rismanto Ginting dilakukan juga guna meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

“Dengan menggelar razia kendaraan bermotor, untuk memastikan setiap pengendara kendaraan bermotor mematuhi peraturan lalu lintas, dengan harapan dapat pengendara selalu berhati-hati ketika di jalan raya,” kata Rismanto Ginting, Senin (21/03).

Ia mengemukakan mengenai waktu menggelar razia dilakukan secara dadakan, sehingga pemakai kendaraan tidak bisa menghindar saat razia digelar.

“Waktu razia tergantung keperluan, bisa pagi, sore atau bahkan pada malam hari juga dilakukan razia kendaraan bermotor,” terang Ginting.

Razia kendaraan bermotor, katanya merupakan salah satu upaya agar pemakai jalan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Selain itu juga dipasang papan peringatan di tempat strategis, serta pemasangan bendera peringatan daerah rawan laka lantas. Di wilayah polsek Semparuk, dipasang enam titik bendera peringatan. Tujuan pemasangan bendera tersebut, agar pengendara mengetahui dan berhati-hati ketika melintas di jalan yang terpasang bendera tersebut,” jelasnya.

Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan dijalan raya lanjut Ginting, pertama faktor manusia, kemudian kendaraan dan ketiga faktor alam. Selain menggelar razia kendaraan bermotor kata Ginting, pihaknya juga melakukan penyuluhan ke sejumlah sekolah.

“Penyuluhan juga kita lakukan, dengan mendatangi sekolah di wilayah hukum polsek Semparuk, selain masalah lalu lintas. Masalah lain juga disampaikan kepada para siswa, seperti bahaya narkoba serta gangguan keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

(Gindra/Dede)

Related Posts