Pemkot Meminta Koperasi Agar Lebih Aktif

Pemkot Meminta Koperasi Agar Lebih Aktif

Pontianak, thetanjungpuratimes.com –  Untuk memberikan motivasi kepada koperasi supaya lebih aktif, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pontianak menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi se-Kota Pontianak di Badan Diklat Provinsi Kalbar, Rabu (23/3).

Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak, Hariyadi mengatakan, digelarnya RAT ini sebagai amanah dari Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 tentang koperasi yang bertujuan untuk transparansi dan akuntabilitas terhadap anggota koperasi.

“Jadi sejauh mana koperasi itu sudah melayani anggotanya,” ujarnya.

Menurutnya, koperasi sebagai sokoguru ekonomi Indonesia, dari anggota untuk anggota, dibentuk dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Pontianak serta terwujudnya kesejahteraan anggotanya. Sebagai catatan, pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak ditargetkan antara 6,1 hinggga 6,5 persen. Eksistensi koperasi yang bergerak dalam usaha mikro kecil diharapkan mampu memberi kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pontianak.

“Misalnya mengelompokkan para pelaku usaha mikro kecil yang sejenis minimal 20 kemudian membentuk koperasi dan ini dianggarkan dari Kementerian Koperasi,” terangnya.

Dalam RAT, pihaknya juga menghadirkan sejumlah koperasi unggulan dan sudah profesional sebagai model untuk memberikan motivasi kepada koperasi lainnya.

“Kita memberikan mereka motivasi supaya koperasi yang ada lebih aktif,” pungkasnya.

(Dede)

 

Related Posts