Konsumsi Makanan Sehat, Tidur Lebih Nyenyak

Konsumsi Makanan Sehat, Tidur Lebih Nyenyak

New York, thetanjungpuratimes.com – Ternyata, apa yang kita makan bisa mempengaruhi kualitas tidur kita. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, Amerika Serikat, mengonsumsi lebih banyak serat dan meminimalkan asupan lemak jenuh serta gula bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak saat malam hari.

“Sangat mengejutkan banyaknya lemak dan sedikitya serat yang kita asup tiap hari ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur kita,” komentar Marie-Pierre St-Onge, Peneliti Studi dari Columbia University Medical Centre, New York.

Untuk sampai pada kesimpuan tersebut, Onge dan timnya melibatkan 26 dewasa berusia 35 tahun. Partisipan yang terdiri dari 13 wanita dan 13 pria ini diminta untuk bermalam selama lima hari berturut-turut, dari pukul 10 malam – 7 pagi di laboratorium.

Tak hanya diatur menu diet, kondisi mereka mulai dari detak jantung, kontraksi otot, aktivitas otak, hinggga pergerakan mata dipantau selama waktu tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan, partisipan yang diberi asupan menu yag kaya serat dan protein yang diberikan ahli nutrisi, mudah terlelap. Mereka 17 menit tidur lebih cepat jika dibandingkan dengan waktu rata-rata 29 menit saat mereka mengonsumsi makanan pilihan sendiri.

Tak hanya mudah terlelap, partisipan yang mengonsumsi menu yang sehat juga mengalami fase deep sleep (tidur nyenyak), tahap saat pemulihan tubuh dari kelelahan fisik, lebih lama.

Sementara itu, makanan yang mengandung kadar gula tinggi membuat partisipan kerap terjaga dari tidurnya. Jadi, jika ingin kualitas tidur yang lebih baik, perbaikilah pola makan dan terapkan gaya hidup yang sehat. Akan lebih lagi, saran peneliti, jika mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin.

(rimanews.com/Mohammad)

Related Posts