Dispenda Minta Perusahaan Bayar Pajak Alat Berat

Dispenda Minta Perusahaan Bayar Pajak Alat Berat

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat terus berupaya meningkatkan pendapatan pajak alat berat dengan cara turun langsung ke lapangan dengan melakukan pendataan.

Kasi penagihan UPPD Kubu Raya Dispenda Kalbar, Fransiskus Wawas menjelaskan belum lama ini pihaknya memang telah melakukan pendataan seluruh alat berat di lapangan.

“Namun masih banyak waib pajak yang terkesan menghindar untuk memberikan data mengenai jumlah alat berat yang mereka miliki,” katanya.

Meski demikian, pihaknya akan terus pendataan alat berat di enam kecamatan yang ada di Kubu Raya seperti Kecamatan Sungai Raya, Terentang, Rasau Jaya, Teluk Pakedai, Batu Ampar dan Kubu.

Selain wajib pajak perorangan, kata dia saat ini masih banyak pihak perusahaan terutama  perusahaan perkebunan di Kubu Raya yang tidak kooperatif saat petugas meminta data detail mengenai total jumlah alat berat yang dimiliki.

“Sudah beberapa kali kami surati perusahaan perkebunan di Kubu Raya, namun masih saja ada yang mangkir memberikan data alatnya,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar Bupati Kubu Raya memanggil pimpinan perusahaan agar bisa patuh dan taat dalam membayar pajak alat berat.

“Kami berharap untuk kedepan pemerintah bisa memberikan sanksi tegas bagi setiap wajib pajak yang belum membayar pajak dengan cara melarang kegiatan operasionalnya,” harapnya.

“Jangan hanya mengeruk potensi alam di Kubu Raya saja, namun sebaiknya pihak perusahaan yang berinvestasi bisa memenuhi kewajibannya untuk memabayar pajak termasuk pajak alat berat,” pungkasnya.

(Faisal/Dede)

Related Posts