Penggunaan Dana Desa Jangan Tumpang Tindih

Penggunaan Dana Desa Jangan Tumpang Tindih

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Waki Ketua DPRD Melawi, Drs. Kluisen mengatakan, penggunaan dana desa tidak boleh tumpang tindih dengan APBD Melawi dalam melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Jika suatu jalan sudah dianggarkan melalui dana APBD, maka jangan sampai ditimpa dengan dana desa.

“Status jalan kan juga berbeda, mana yang ditangani kabupaten mana yang ditangani desa. Jika jalan poros desa, itu tanggung jawab kabupaten karena statusnya jalan kabupaten,” kata Kluisen.

Kemudian, lanjutnya, penggunaan dana desa bisa mengerjakan jalan gang maupun jembatan dalam gang. Jadi menyesuaikan dengan status nama fisik yang akan dikerjakan. Dengan dana desa itu, Kluisen juga berharap pemerintah desa bisa buat program yang baguslah.

Kluisen meyakinkan, kalau pengunaan dana desa tidak akan tumpang tindih dengan pembangunan yang dilakukan Pemkab Melawi. Sebab setiap desa kini sudah memiliki tenaga pendamping, yang sebelum melakukan pembangunan, sudah ada perencanaannya.

“Dia harus nyambung antara perencanaan desa dengan perencanaan kabupaten. Jadi saya kira tidak akan tumpang tindih lagi. Ini juga tergantung dari desa, bisa menjelaskan mana yang dibangun dari dana desa, dan mana yang dibangun oleh dana kabupaten,” ulasnya. (Edi/Yuniar)

Related Posts