Warga Tagih Janji Wali Kota Singkawang Terkait Air Bersih

Warga Tagih Janji Wali Kota Singkawang Terkait Air Bersih

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Sejumlah Warga Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara, berharap kepada Pemerintah kota Singkawang, untuk segera mengoptimalkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) hingga 50 liter/detik untuk warga setempat.

“Kita minta agar Pemkot Singkawang segera mengoptimalkan IPA tersebut melalui pemasangan bersubsidi ke rumah warga,” kata warga Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara, Sarhan.

Dengan dioptimalkannya pembangunan IPA tersebut, kata Farhan, setidaknya Pemerintah Kota Singkawang sudah membantu warga yang kurang mampu khususnya di Singkawang Utara.

Sehingga, dapat mengurangi beban biaya hidup warga, jika pemasangan air PDAM dilakukan dengan cara subsidi.

Hal itu ditegaskan Sarhan, lantaran, berdasarkan pengalaman pada musim kemarau, warga sekitar sangat kesulitan mendapatkan air bersih, lantaran air sumur yang ada ikut kering.

Selama ini, ujarnya, warga yang dekat pembangunan Intake PDAM Semelagi Kecil, samasekali belum menikmati air PDAM (IPA 50 liter/detik).

Oleh karena itulah, warga setempat masih menunggu janji dan visi misi Walikota Singkawang, yang akan memprioritaskan air bersih kepada warga.

“Kami di sini masih menunggu janji dan visi misi Walikota Singkawang, tentang air PDAM,” ujarnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi secara terpisah Humas PDAM Gunung Poteng Singkawang, M Deni Isnaeni meminta agar Pemkot setempat terbuka dengan masyarakat.

“Saya minta agar Pemkot terbuka dengan masyarakat. Jangan ada yang ditutup-tutupi tentang kendala yang terjadi yang akhirnya dapat merusak visi misi Walikota Singkawang,” katanya.

Deni menceritakan, jika pembangunan IPA 50 liter/detik itu dimulai pada tahun 2012. Kemudian, pada tahun 2013 dilanjutkan dengan pemasangan jaringan pipa tahap II. Lalu, pada tahun 2014 dilakukan pemasangan sarana dan prasana jaringan air bersih tahap III. Dan pada tahun 2015, optimalisasi IPA beton yang merupakan tahap akhir.

Dan bahkan, sekarang ini sudah ada uji coba IPA 50 liter/detik di Semelagi. Beberapa kendala seperti, titik kebocoran sudah diperbaiki.

Mengingat pekerjaan awal tahun 2012 sampai dengan 2014 IPA 50 liter/detik di Semelagi mempunyai permasalahan yakni, bangunan miring, serta pipa tidak sesuai standarisasi ukuran/ teknis pemasangan, namun pihaknya telah berupaya IPA 50 liter/detik itu harus dioptimalisasikan.

“Karena, warga sering bertanya kepada PDAM, dan kita jawab sesuai kronologis pembangunan awal dan akhir sampai pekerjaan sukses sekarang dengan hasil uji coba yang memuaskan,” ujarnya.

(Mizar/Dede).

Related Posts