Atasi Karhutla, Dua Regu Manggala Agni Siaga di Sanggau

Atasi Karhutla, Dua Regu Manggala Agni Siaga di Sanggau

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Sanggau, Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Sintang menempatkan dua regu personel berkekuatan 30 orang di Kabupaten Sanggau.

Masing-masing regu diperkuat 15 orang personel dengan seorang staff administrasi. Kedua regu ini, diperkuat dua unit mobil pemadam dini dan peralatan manual serta mekanis.

“Sudah dua bulan kita digeser ke Sanggau,” ungkap kedua Danru Manggala Agni Sanggau, Ramli dan Ferry Hardiman, Senin (28/3).

Dua regu personel Manggala Agni Daops Sintang ini menempatan bekas kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Sanggau yang terletak di Jalan Komyos Sudarso, Kota Sanggau.

“Saat ini, kita masih stand by dan siaga 3. Cuma setiap hari memantau titik hotspot. Kita siap bergerak jika suatu saat dibutuhkan,” jelas Ramli.

Menariknya, personel Manggala Agni ditempatkan di Sanggau, rata-rata masih muda berusia di bawah 30 tahun dan dominan dengan usia 21-23 tahun.

“Kita masih muda-muda Bang, paling tua berusia 30 tahun lah. Tapi rata-rata berusia 21-23 tahun lah,” timpalnya.

Dijelaskan, keberadaan personel Manggal Agni di Sanggau, bukan hanya untuk mengatasi Karhutla belaka. Namun, juga turut serta dalam penanganan bencana alam, seperti banjir dan tanah lonngsor.

“Kita siap dan turut serta jika ada bencana alam dan sebagainya. Kita dalam posisi selalu siap siaga,” tegasnya. (Muhammad/Yuniar)

Related Posts