Banjir Kembali Genangi Sejumlah Wilayah di Sekadau

Banjir Kembali Genangi Sejumlah Wilayah di Sekadau

Sekadau, thetanjungpuratimes.comBanjir kembali menggenangi sejumlah wilayah yang ada di Sekadau, tak terkecuali di Dusun Selintah, Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu. Banjir yang terjadi sejak empat hari terakhir itu membuat aktivitas warga setempat menjadi lumpuh. Ditambah lagi dengan lokasi Dusun Selintah yang tak jauh dari Sungai Menterap, membuat permukiman dan akses jalan yang menuju tempat tersebut terendam air.

Kepala Desa Rawak Hulu dan Babinkamtibmas Kepolisian Sektor Sekadau Hulu meninjau langsung lokasi yang terendam banjir tersebut. Setibanya di sebuah jalan, empat orang penambang telah menunggu dengan dua perahu dan satu lanting (rakit) yang telah siap untuk menyeberangi warga yang melintas.

Amren, salah seorang penambang mengatakan, akses jalan sudah tidak bisa dilalui kendaraan sepeda motor. Sebab, ketinggian air sejak dua hari terakhir cukup tinggi dan memaksa warga melintas dengan dibantu perahu atau lanting (rakit).

“Sekali menambang membawa penumpang itu satu unit sepeda motor Rp10 ribu. Kalau pulang pergi ya Rp20 ribu,” ujar pria 42 tahun.

Budi, Kepala Desa Rawak Hulu mengatakan, banjir terjadi sejak empat hari terakhir akibat meluapnya air sungai. Saat ini, aktivitas masyarakat menjadi lumpuh karena banjir yang terjadi.

“Masyarakat tidak bisa berpergian ke ladang atau ke kebun. Puluhan rumah yang terendam, tapi air sudah mulai surut. Dampak banjir ini juga menyusahkan masyarakat karena untuk melintas warga harus merogoh kocek lebih dalam lagi,” ucapnya saat meninjau lokasi banjir di Dusun Selintah tersebut.

Saat ini, kata dia, ketinggian air setinggi 1,5 meter. Alhasil, akibat banjir tersebut membuat aktivitas belajar mengajar di Sekolah Dasar juga ikut lumpuh.

“Libur sudah empat hari megingat banjir membuat akses jalan tidak bisa dilalui,” ujarnya.

Untuk itu, Budi berharap adanya bantuan dari pemerintah seperti penimbunan jalan agar lebih tinggi.

“Mudah-mudahan kedepan ada perhatian dari pemerintah agar jalan bisa ditinggikan sehingga akses masyarakat semakin lancar,” harapnya. (Yahya iskandar/Yuniar)

Related Posts