Kesbangpol Se-Kalbar Sinergiskan Program Kerja

Kesbangpol Se-Kalbar Sinergiskan Program Kerja

Sintang, thetanjungpuratimes.com – Kesatuan bangsa dan Politik merupakan pondasi utama sebagai pemersatu bangsa, agar tidak terpecah belah karena perbedaan suku, ras agama dan budaya. Bahkan, perannya sangat penting dalam menata kehidupan bangsa dan negara berlandaskan pancasila.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik se-Kalimantan Barat tahun 2016, Selasa (29/3).

Askiman mengatakan, rapat koordinasi digelar untuk membahas berbagai permasalahan dari isu strategis dalam urusan penyelenggaraan bidang kesatuan dan politik, guna menghasilkan rekomendasi kinerja yang akan tersusun rapi dalam program pemerintah Kabupaten/Kota untuk tahun 2017 nantinya.

“Dinamika demokrasi yang sudah dijalani beberapa waktu lalu, diwarnai beberapa permasalahan seperti lemahnya representasi politik, demokrasi yang mengarah kepada kaum elit, aktor pejuang demokrasi mengambang dan menguatnya suasana politik rakyat,” tuturnya.

Untuk itu, semua penguatan pendidikan politik harus dilakukan, sebab pendalaman materi tentang empat pilar berbangsa dan bernegara mengenai hak dan kewajiban warga Negara untuk membangun etika dan budaya politik yang baik dimata masyarakat, sehingga menciptakan rasa aman dan damai sejahtera.

Sementara, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, Aliuk mengatakan rapat koordinasi ini dilaksanakan secara bergiliran di setiap kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, untuk tahun 2016 ini yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ada di Kabupaten Sintang, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan dengan kesepakatan bersama antarkabupaten. (Heri Lingga/Yuniar)

Related Posts