Calon Kepala Desa Lebih dari Lima Akan Digugurkan

Calon Kepala Desa Lebih dari 5 Akan Digugurkan

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Kayong Utara siap gugurkan calon Kepala Desa yang lebih dari 5 orang.

“Ada beberapa kriteria dalam Perda nomor 11 tentang pemilihan kepala desa yang pertama tingkat usia, kedua pendidikan, ketiga pengalaman kerja, dan yang keempat tes tertulis,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa,Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kayong Utara, Muhammad Oma, S.Sos, Kamis (31/3).

Menurutnya, seleksi tambahan akan dilakukan setelah panitia desa mengajukan kepada panitia kabupaten untuk melakukan penyeleksian terhadap calon lebih dari lima.

“Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa dibebankan kepada APBD, sedangkan Desa yang ingin membantu dana itu hanya diperbolehkan pada saat hari pemilihannya saja,” ungkap Oma.

Saat ini, panitia kabupaten telah memberikan pedoman kepada setiap panitia desa untuk mempermudah dalam melaksanakan setiap tahapan-tahapan dalam Pilkades nanti.

“Juknis ini memberikan kelengkapan administrasi untuk membantu panitia desa,” tambahnya.

Untuk kabupaten Kayong Utara, ada 10 Desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa secara serentak pada 4 Juni 2016 nanti. (Rizal/Yuniar)

 

Related Posts