Dorong Petani Manfaatkan Lahan Tidur di Pekarangan Rumah

Petani Kalbar

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Perangkat Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, mengajarkan para petani untuk memanfaatkan lahan tidur di pekarangan rumah sebagai bentuk kesiapan desa dalam menghadapi status Desa Mandiri.

“Desa Sutera merupakan menjadi satu -satunya Desa yang berstatus mandiri  di Kabupaten Kayong Utara,  diharapkan masyarakatnya mampu untuk mengelola lahan petani berbasis Agribisnis untuk menghadapi tantangan kedepan,” ungkap Bendahara Desa Sutera, Frenky Gustami saat ditemui, Sabtu (2/4).

Frenky menjelaskan kegiatan ini sebagai Pilot Project  atau tanaman percobaan untuk memberikan pembinaan kepada petani bagaimana cara bercocok tanam yang baik khususnya yang ada di Desa Sutera

“Petani harus mempunyai manajemen yang baik, bagaimana petani mengeluarkan biaya  operasional yang kecil tapi dapat meningkatkan hasil produksi,” ujarnya.

Frenky juga mengharapkan  kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanak) Kayong Utara  untuk memberikan perhatian lebih kepada Desa Sutera karena lahan pertanian semakin tahun semakin berkurang akibat pembangunan yang terus berkembang.

“Seperti pembinaan persiapan lahan, bibit, cara tanam, sampai tahap panen, harus mendapatkan pembinaan dari Dinas terkait. Petani harus tahu manajemen sendiri kebunnya, mereka harus membuat cara penghitungan kebunnya sendiri,” pungkasnya.

(Rizal/Dede)

Related Posts