Inilah Ciri-Ciri Rumah Berhantu

Thetanjungpuratimes.com – Anda boleh percaya dan Anda boleh juga tidak percaya dengan keberadaan makhluk halus yang kerap disebut hantu. Katanya, hantu bisa ada di mana saja, termasuk di dalam rumah. Tentu saja, hal ini mengerikan karena rumah menjadi tempat tinggal yang seharusnya memberikan ketenangan.

Biasanya, percaya jika hantu itu ada tergantung pada pengalaman pribadi. Jika tak pernah melihatnya, maka cenderung tidak percaya. Namun yang pernah melihatnya, biasanya percaya dengan “penunggu” tersebut.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang mencari rumah dan tertarik dengan rumah lama atau rumah bekas, maka Anda perlu waspada, jangan sampai rumah tersebut ternyata berhantu. Rumah berhantu kerap menimbulkan pengalaman mistis yang mengganggu ketenangan. Berikut ini tips mendeteksi apakah suatu rumah berhantu atau tidak:

1. Periksa Asal-usul Rumah
Sebagai calon pembeli, coba cari tahu tentang asal-usul rumah. Biasanya penjual atau pemiliknya akan menutup-nutupi jika rumah tersebut angker. Namun Anda bisa mencari tahu dengan bertanya para tetangga rumah tersebut. Misalnya, kapan rumahnya berdiri, apakah lahannya bekas tanah kuburan, atau pernahkah terjadi kasus kecelakaan, pembunuhan, dan kriminal lainnya di rumah tersebut.

2. Lihat Lokasi Sekeliling Rumah
Hawa negatif tidak hanya berasal dari dalam rumah, tetapi dari lingkungan sekitar. Perhatikan sekeliling kompleks apakah ada pohon besar, sumur tua, kuburan, dan sebagainya. Terkadang, hal-hal tersebut menimbulkan hawa mistis yang menyeramkan di malam hari dan bisa saja membuat Anda ketakutan saat melewatinya.

3. Perhatikan Letak Lanskap Rumah
Konon katanya, letak lanskap rumah menentukan apakah rumah itu berhantu atau tidak. Posisi rumah berikut ini dipercaya rentan berhantu, di antaranya rumah yang berada paling tinggi di antara wilayah sekelilingnya, rumah di puncak bukit, dan rumah di dekat percabangan sungai. Lokasi seperti itu disebut menjadi favorit bagi hantu bersemayam.

4. Rasakan Suasana Rumah
Saat melakukan survei dan memasuki rumah yang diincar, coba rasakan keadaan rumah tersebut. Coba diam sejenak sambil mengamati kondisi rumah, seperti apakah rumahnya terlihat kusam, tua, kuno, dan tidak terawat. Jika Anda merasakan dan melihatnya demikian, maka kemungkinan rumah tersebut sudah lama tidak dihuni dan akhirnya menjadi angker. (Suara.com/Yuniar)

Related Posts