Disdukcapil Pontianak akan Layani Pembuatan Akta Lahir Secara Online

Akta Lahir Online

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Suparma mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan sejumlah langkah untuk pelayanan pembuatan akta lahir dengan cara online.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mencapai target 100 persen anak Kota Pontianak memiliki akta kelahiran.

Dia menilai, pelayanan ini akan lebih memudahkan rumah sakit yang bekerja sama dengan Disdukcapil maupun kelurahan untuk mendaftarkan anak-anak yang baru lahir untuk memperoleh akta lahir dengan cepat. Masyarakat kata dia juga tidak perlu datang langsung ke Kantor Disdukcapil, tetapi cukup menyerahkan berkas ke kelurahan setempat atau rumah sakit tempat ia bersalin atau melahirkan. Berkas itu akan didaftarkan oleh pihak kelurahan atau rumah sakit secara online ke Disdukcapil.

“Setelah akta kelahirannya jadi, masyarakat langsung ambil ke loket pelayanan Disdukcapil Kantor Terpadu,” jelas Suparma.

Namun saat ini diiakuinya, pengembangan aplikasi untuk pendaftaran secara online baru pada tahap 30 persen sehingga pihaknya masih menunggu proses penyelesaian aplikasi tersebut.

“Apabila aplikasi pendaftaran akta lahir sudah rampung, saya pastikan pelayanan akta lahir prosesnya akan lebih cepat dan mudah,” tuturnya.

Menurut Suparma, saat ini pihaknya memberikan pelayanan jemput bola atau pelayanan yang langsung dilakukan di tempat diantaranya pelayanan di kelurahan secara berkala satu kali dalam seminggu.

“Jadi pelayanan jemput bola ini, kita yang mendatangi dan mengambil berkasnya untuk diterbitkan akta lahirnya, atau dengan membuka pelayanan akta lahir langsung di tempat tersebut,” pungkasnya.

(Slamet Ardiansyah/Dede)

Related Posts