Kehadiran Parpol, Agen Pendidikan Politik Bagi Masyarakat

Kehadiran Parpol, Agen Pendidikan Politik Bagi Masyarakat

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengharapkan agar kehadiran partai-partai politik menjadi agen pendidikan politik bagi masyarakat, serta sarana meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

“Pada umumnya partai politik diartikan sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi masyarakat lewat perwakilan, dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada dalam partai politik yang berperan menjadi pemimpin dan perwakilan masyarakat di lembaga pemerintah,” jelasnya.

Kader-kader partai politik, merupakan individu yang ada ditengah masyarakat, harus menjadi agen berdemokrasi dan pemahaman berpolitik yang baik bagi warga disekitarnya.

Menurutnya, untuk melihat seberapa jauh peran partai politik sebagai wadah penyaluraspirasi politik rakyat, sekali lagi harus dilihat dalam konteks prospektif sejarah perkembangan bangsa Indonesia itu sendiri.

“Pada hakekatnya partai politik merupakan sebagai sarana sosialisasi atau pendidikan politik bagi masyarakat,” tuturnya.

Rusman merasakan proses sosialisasi atau pendidikan politik Indonesia dirasa belum memberikan ruang yang cukup untuk memunculkan masyarakat madani. Yaitu suatu masyarakat yang mandiri, mampu mengisi ruang publik sehingga mampu membatasi kekuasaan negara yang berlebihan, sebab masyarakat madani merupakan gambaran tingkat partisipasi politik pada takaran yang maksimal.  (Faisal/Yuniar)

Related Posts