Baru 112 Perusahaan di Kapuas Hulu Daftarkan Karyawan Ke BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu, Deni Pane

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu, Deni Pane mengatakan, sampai Februari 2016 jumlah perusahaan yang sudah mendaftarkan para pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu sebanyak 112 perusahaan. Perusahaan yang mendaftarkan pekerjanya tersebut mayoritas bergerak dibidang perkebunan dan mini market.

“Jumlah perusahaan termasuk usaha kecil di Kapuas Hulu lebih dari 300 lebih perusahaan. Perusahaan yang mendaftar itu baru setengahnya saja,” ungkap Deni di kantornya, Senin (04/04).

Menurut Deni, masih ada perusahaan perkebunan yang belum mendaftarkan para pekerjanya. Ia pun berharap ada sharing data pekerja dari dinas terkait kepada pihaknnya, agar BPJS ketenaga Kerjaan dapat menyurati perusahaan terkait untuk mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sebagian besar perusahaan perkebunan sudah mendaftarkan para pekerjanya, tapi kalau masih ada yang belum nanti kami surati,” tegasnya.

Perusahaan, tambah dia wajib mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan. Jika tidak dipenuhi, maka akan diberikan sanksi berupa pidana, denda dan pencabutan izin tertentu.

“Oleh karena itu kami berharap semua perusahaan yang ada mendaftarkan perusahaan dan pekerjanya,” katanya

Dengan mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan, menurut Deni pihak perusahaan lebih diuntungkan. Apabila terjadi kecelakaan kerja dan kematian terhadap para pekerjanya, para korban sudah ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan programnya ada empat seperti jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun. Perusahaan tinggal membayar premi BPJS Ketenagakerjaan karyawannya secara kolektif setiap bulan,” tuturnya.

Saat ini, ungkap Deni BPJS ketenagakerjaan terus berupaya untuk mengadakan sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) Kapuas Hulu dengan tujuan agar perusahaan yang ada dapat segera mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Keternaga Kerjaan.

“BPJS Ketenaga Kerjaan Kapuas Hulu mulai berada dan beroprasi semenjak Juli 2015 lalu, sebelumnya keberadaan BPJS Ketenaga Kerjaan di kabupaten Sintang,” katanya.

(Yohanes/Dede)

Related Posts