Petugas Gelar Razia Pajak Kendaraan Bermotor

Razia di Pontianak Kalbar

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Puluhan pegawai dari Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kalbar yang dibantu oleh beberapa personil Polantas, POM AD, Satpol PP, dan Jasa Raharja melakukan razia kendaraan roda dua dan empat di Jalan Rahadi Oesman, Senin (4/4) pagi.

Kepala UPPD Kalimantan Barat, Suherman mengatakan, razia kendaraan bermotor adalah dalam rangka menertibkan masyarakat baik dari sisi pajak kendaraan bermotor, maupun kelengkapan surat-surat kendaraan lainnya.

“Dalam razia ini kita juga melibatkan personil Polantas dari Polda Kalbar, dari Dispenda sendiri terkait dengan pajak kendaraan bermotor,” katanya, Senin (4/4) pagi di sela-sela razia.

Razia itu, katanya akan digelar secara rutin lantaran melihat masih kurangnya kesadaran  masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya.

Oleh karena itu, tambahnya razia ini bersifat edukatif dengan melakukan pendekatan secara persuasif ke masyarakat.

“Artinya jika setiap kendaraan yang terjaring yang setelah diperiksa ternyata tidak membayar pajak, maka kami berikan dua pilihan, pilihan yang pertama pengendara bisa langsung melakukan pembayaran pajak di tempat karena disediakan mobil samsat keliling,” jelasnya.

Sedangkan pilihan kedua yang diberikan, katanya kalau memang wajib pajak yang terjaring tidak membawa uang, maka disiapkan surat pernyataan pada saat ini tidak bisa membayar pajak, dan diberikan waktu paling lama satu minggu.

Dikatakannya, jadwal kegiatan razia memang sebelumnya dibuat selama satu tahun, dan dimulai pada awal bulan Februari.

“Sejak kami melakukan razia kendaraan, jumlah pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor terjadi peningkatan, karena setiap melakukan kegiatan razia sekitar 100-an kendaraan yang terjaring minimal 30 persen kendaraan yang terjaring membayar pajak secara langsung di tempat,” pungkasnya
(Faisal/Dede)

Related Posts