Pohon Tumbang Jadi Alasan PLN Rayon Ngabang Lakukan Pemadaman

PLN Ngabang Kalbar

Landak, thetanjungpuratimes.com – PT. PLN (Persero) Rayon Ngabang akan tetap melakukan pemeliharaan jaringan listrik untuk ke depannya. Sebab setelah mereka mengevalusai, gangguan listrik yang mengakibatkan adanya pemadaman listrik diakibatkan karena pohon tumbang.

Menurut Manager PLN Rayon Ngabang, Arief Rachman Hakim, selama satu bulan pihaknya melakukan evaluasi, pemadaman listrik yang diakibatkan pembangkit listrik hanya sekitar enam persen saja.

“Selebihnya gangguan dari pohon. Kita memang masih terus melakukan pemangkasan pohon. Hanya saja untuk wilayah kerja Rayon Ngabang meliputi 448 KMS yang tersebar mulai dari Senakin, Pahauman, Darit, Ngabang dan Jelimpo,” ujar Arief, Selasa (5/4).

Dikatakannya, untuk jaringan listrik di wilayah tersebut memang dilaksanakan pemeliharaan.

“Tapi maklumi juga dengan kondisi jumlah pelaksana untuk pemeliharaan agak terbatas. Ke depan akan kita buat strategi baru untuk menekan gangguan. Sebab gangguan inipun dimonitor sampai ke pusat, bukan pelanggan saja yang komplain,” kata Arief.

Ditanya soal pemadaman yang terjadi pada saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Ngabang, Arief menjelaskan, pemadaman tersebut dikarenakan adanya jaringan yang terkena pohon di Jelimpo.

“Sebulan sebelum UN, dari PLN Pusat sudah mengimbau kita jaga keandalan listrik, jangan sampai padam. Cuma gangguan alam ini tidak bisa kita antisipasi. Tapi kita berusaha semaksimal mungkin. Mudah-mudahan tidak ada lagi pemadaman hingga UN selesai,” harapnya.

(NY/Dede)

Related Posts