Patroli Rutin Polair, di Alur Pelayaran Sambas

Kapal Patroli Polisi Sambas Kalbar

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Menjaga keamanan di perairan, khususnya perairan Kabupaten Sambas, merupakan bagian dari tugas pihak kepolisian, terutama kepolisian perairan. Karena tugas itulah, satuan Polair Polres Sambas rutin melakukan patroli di perairan wilayah Kabupaten Sambas.

“Patroli yang rutin dilakukan adalah patroli di sepanjang alur pelayaran, seperti di Sintete, hingga keluar wilayah Kabupaten Sambas yang menuju Laut Cina selatan,” kata Kasatpolair Polres Sambas, AKP Aam Kudussalam, Senin (4/4).

Dikatakan, alur pelayaran menjadi pintu masuk kapal-kapal dari luar Kabupaten Sambas, sehingga perlu selalu dijaga agar tidak menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban dimasyarakat.

“Pada saat patroli, kita juga sering meminta nelayan untuk tidak menebar pukat membentang di alur pelayaran, karena pukat yang digunakan oleh nelayan pukat apung,” ujar Aam.

Tidak bosan-bosan Polair Polres samba mengimbau para nelayan, agar tidak menebar pukat membentangi alur pelayaran. Sebab, beberapa waktu pukat apung tersebut mengganggu alur pelayaran.

Polair Polres Sambas juga melakukan pengawasan, terutama terhadap oknum yang mengambil ikan dengan cara yang tidak bersahabat.

“Jika diketahui ada oknum nelayan yang menggunakan peledak untuk menangkap ikan, kita tidak tinggal diam, pengawasan terus dilakukan terutama yang berhubungan dengan ekosistem,” ujar Aam.

Untuk itu, ia menghimbau nelayan agar menangkap ikan menggunakan cara-cara yang tidak merusak ekosistem, karena jika kedapatan melakukan perusakan ekosistem, akan dikenakan sanksi sesuai undang-undang nomor 45 tahun 2009. (Gindra/Yuniar)

Related Posts