Berhasil Usir Gafatar, Pangdam Puji Mempawah

Berhasil Usir Gafatar, Pangdam Puji Mempawah Kalbar

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Agung Risdhianto memuji keberhasilan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam menangani persoalan Ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Kabupaten Mempawah beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan keberhasilan pemerintah daerah dalam menangani konflik sosial secara beradab. Itulah yang seharusnya. Hal itu akan menjadi referensi atau model dalam penanganan konflik,” puji Pangdam saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mempawah.

Menurut Agung, berdasarkan kacamata intelijen, apa yang telah dilakukan masyarakat bersama pemerintah daerah Kabupaten Mempawah saat menyikapi indikasi masuknya Gafatar telah tepat.

“Warga melapor dan pemda langsung responsif mencegah dari aksi anarkis. Akhirnya ini telah menggagalkan tumbuhnya Gafatar di Mempawah,” ujarnya.

Apalagi, berdasarkan data, terlihat jelas keinginan Gerakan Fajar Nusantara untuk menjadikan Kabupaten Mempawah sebagai basis dan ibu kotanya. Bahkan dengan bermoduskan pertanian, Gafatar datang secara bertahap hingga jumlah pengikutnya menjadi besar. Bahkan, profil daerah Mempawah sangat menarik dalam mendukung program besar Gerakan Fajar Nusantara.

“Untungnya masyarakat di sini cukup waspada dan mengantisipasi sedini mungkin. Yang mengagumkan lagi, pada akhirnya masyarakat justru membantu dalam proses evakuasi warga Gafatar,” kata Agung mengapresiasi.

Menanggapi apresiasi dari Pangdam Agung Risdhianto, Bupati Mempawah, Ria Norsan balik memuji bantuan Kodam XII/Tanjungpura. Menurutnya, keberhasilan mengatasi persoalan Gafatar termasuk proses evakuasi, tidak terlepas dari peran besar pihak TNI.

“Tanpa melalui bantuan Kodam Tanjungpura, masalah itu juga tidak akan selesai. Kami berterima kasih kepada Pangdam yang saat itu telah memberi tempat penampungan bagi warga Gafatar. Saat evakuasi dilakukan dulu, sejujurnya kita belum tahu para warga itu mau dibawa ke mana,” pungkasnya. (Hamzah/Yuniar)

Related Posts