Ini Peran TNI Cegah Karhutla

Ilustrasi kebakara hutan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dandim 1207/BS Ptk, Kolonel Jacky Areisetanto menyebutkan, peran TNI dalam riil saat ini sudah melakukan kerjasama dengan instansi terkait, serta kelompok masyarakat, termasuk juga dengan badan usaha yang ada di wilayah terotorial.

“Kita memiliki tim patroli terpadu yang beranggotakan Babinsa, Babinkamtibmas, Manggala Agni ditambah dengan masyarakat peduli api yang dilakukan secara rutin setiap hari, ketempat-tempat potensi api seperti di tanah yang kering, dan sangat kering yang di plot dengan bendera merah, dan pakai GPS yang kemudian di data,” jelasnya, Kamis (7/4).

Selain itu, katanya, tanah yang agak kering dan berpotensi api akan di plot dengan bendera kering. Kemudian di cek sumber-sumber air, apabila terjadi kebakaran para petugas dapat mencari air untuk menyemprot titik-titik api.

“Tim ini juga akan bertugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak membakar lahan saat akan membuka ladang baru,” tuturnya.

Pihak TNI juga melakukan pendekatan kepada perusahaan-perusahaan guna membuat blocking kanal, sehingga tanah gambut menjadi dingin, serta menyarankan kepada perusahaan untuk membentuk tim siaga api.

“Kami juga selalu memantau melalui satelit BMKG yang setiap hari di update dari pagi hingga sore,” pungkasnya. (Faisal/Yuniar)

Related Posts