PDAM Putussibau Terapkan Efisiensi Anggaran

PDAM Putussibau

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kapuas Hulu merombak total sistem kerjanya dan manajemen perusahaan. Selain intensif membenahi jaringan suplai air, PDAM Putussibau juga membenahi manajemen keuangannya.

Direktur PDAM Tirta Kapuas, Sainihadi mengungkapkan, pihaknya berusaha mengefisiensikan sistem keuangan, sistem pelayanan dan penanganan gangguan di lapangan.

“Untuk manajemen keuangan kami tengah melakukan efesiensi. Duit dihemat, tapi pelayanan kami tingkatkan,” tegasnya, Jumat (8/4).

Pria yang keseharian disapa Saini ini mengatakan, upaya peningkatan pelayanan itu seperti memasang peralatan sesuai standar dan kebutuhan masyarakat.

“Salah satu cara dengan memanajemen peralatannya lebih tepat. Contoh ada unit butuh pompa 10 liter, kemudian diganti sesuai kebutuhan yang pas,” ungkapnya.

Menurut Saini, sekarang efisiensi memang belum tampak, karena masih dalam proses perbaikan.

“Kami juga melakukan penggantian watermeter pelanggan yang rusak. Itu cukup banyak, bisa mencapai 200 buah lebih,” katanya.

Selain itu lanjut Saini, dilakukan pula penagihan dan pemutusan pada pelanggan yang tidak membayar tunggakan.

“Tunggakan se Kapuas Hulu lebih dari Rp1 miliar,” ucapnya.

Dikatakannya, tunggakan terbesar yakni daerah Kedamin, Kecamatan Putussibau Selatan dan dalam kota Putussibau, Kecamatan Putussibau Utara.

“Sisanya kecamatan seperti Jongkong dan Selimbau. Kalau Jongkong mungkin ada kelalaian petugas, yang lain berbagai macam faktor,” tutupnya.

(Yohanes/Dede)

Related Posts