Kampung Beting Akan Ditata, Rp34 Miliar Dikucurkan

Kampung Beting Pontianak Kalbar

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kampung Beting, Kecamatan Pontianak Timur rencananya akan ditata ulang agar terlihat rapi, indah dan asri. Untuk itu pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp16 miliar melalui dana APBN.

“Kita sudah melakukan rapat di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tahun ini akan kita lakukan proses lelang. Untuk penataan plaza Masjid Jami dan didalamnya serta penataan jembatan dan parit. Ini akan kita lakukan secara berkelanjutan,” ungkap Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di sela-sela melakukan peninjauan ke Kampung Beting, Kecamatan Pontianak Timur,  Rabu (13/4).

Penataan ini juga akan merambah ke penataan pasar serta merapikan kondisi lingkungan Kampung Beting. Hal ini, menurut Edi, agar secara kualitas dan kerapian akan lebih baik, dibandingkan kondisi yang ada sekarang.

” Total dana dari kementrian PU sebesar Rp34 miliar. Dan bantuan pertama sebesar Rp16 miliar akan dilaksanakan pada tahun ini, sedangkan sisanya akan dilanjutkan tahun yang akan datang,” paparnya.

Untuk penataan Kampung Beting ini, akan mengunakan konsep kota air (watercity).  Dalam penataan ini, tidak ada rumah warga yang dibongkar. Namun nantinya akan dilakukan program perapian dan perehaban rumah-rumah tak layak huni.

“Dengan mengembalikan fungsi rumah sesuai dengan fungsi awalnya,” tuturnya.

Sedangkan untuk akses masuk ke Kampung Beting ini akan dibuat dari dua sisi yakni melalui darat dan sungai.  (Slamet Ardiansyah/Yuniar)

Berita terkait :
Kesultanan Pontianak Sambut Baik Penataan Beting dan Istana Kadriah
Kampung Beting Dicanangkan Jadi Kampung Keluarga Berencana
Polisi Gerebek Kampung Beting

Related Posts